Beranda > News > Cuma di China: Peserta Ujian Calon Polisi Diawasi Anak SD

Cuma di China: Peserta Ujian Calon Polisi Diawasi Anak SD

Lain padang, lain belalang. Di Indonesia, beberapa waktu lalu polisi dilibatkan mengawasi ujian anak sekolah dari praktik kecurangan. Namun, di China, situasinya terbalik: anak sekolah justru bertugas mengawasi para calon polisi, hakim, dan jaksa yang sedang ujian.

Laman pemerintah kota Liangzhou, Provinsi Gansu, menunjukkan gambar 18 anak sekolah dasar (SD) kelas lima berdiri di belakang podium dan sesekali berjalan bolak-balik di selasar sambil memantau bapak-bapak mengerjakan soal ujian masuk aparat penegak hukum beberapa hari lalu.
Eksperimen itu tengah dilakukan oleh Departemen Organisasi dan Komisi Inspeksi Kepolisian Liangzhou. Pasalnya, menurut pengalaman, masih sering terjadi kecurangan saat ujian diawasi oleh orang dewasa. Mungkin karena merasa segan atau solider, para pengawas dewasa kadang membiarkan praktik nyontek diantara para peserta ujian.

Kali ini, pengawasnya adalah anak-anak kecil berseragam biru dan putih. Mungkin karena masih polos, mereka tak segan-segan langsung melaporkan kecurangan yang dilakukan peserta.
Hasilnya tak mengecewakan. Dalam tes tertulis memperebutkan 66 posisi hakim, jaksa, dan polisi di Liangzhou, para pengawas cilik melaporkan 25 peserta yang nyontek. Oleh panitia, para peserta curang itu langsung didiskualifikasi.
Anak-anak SD ini pun senang diberi tanggungjawab yang berat sebagai pengawas ujian. Pasalnya, mereka bisa menarik pelajaran berharga.
“Ini sungguh menarik. Saya bisa tahu mengapa harus ada pengawas dan betapa pentingnya untuk mengandalkan kepada diri sendiri selama ujian berlangsung,” kata Liang Liang, pengawas ujian berusia 12 tahun, kepada kantor berita Xinhua, Jumat 31 Juli 2009.
“Para pengawas menjalankan tugas dengan sangat serius dan kehadiran mereka juga menjadi tekanan moral bagi para peserta untuk bersikap jujur, yang bisa membawa efek positif dan membuat mereka menjadi tauladan di masa depan,” demikian menurut Xinhua.

Pesannya, ih malu kan ketahuan oleh anak kecil.

sumber: http://blog.faisalsaleh.net/

Kategori:News Tag:
  1. 30 Juli 2013 pukul 8:23 PM

    Cuma di China: Peserta Ujian Calon Polisi Diawasi Anak SD | D’Cockers Blog.com yakltnnmz kuiosbs fqjljm wxdrhd gkhzfqkb lugqarau

  2. 14 April 2015 pukul 12:21 PM

    I’m not certain where you are getting your information, but good topic.
    I needs to spend some time finding out more or understanding more.
    Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  3. 17 April 2015 pukul 5:28 PM

    Spot on with this write-up, I seriously think this web site needs a lot more
    attention. I’ll probably be back again to read more, thanks for the info!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: