Beranda > Kesehatan > POLUSI ASAP BERESIKO MANDUL

POLUSI ASAP BERESIKO MANDUL

POLUSI ASAP BERESIKO MANDUL

Sumber : info sehat “majalah kartika”

Setiap kita melintasi jalanan yang padat dengan berbagai kendaraan apalagi kendaraan bermotor yang sudah tentu mengeluarkan asap setiap harinya dan tanpa sadar menghirup aneka bahan kimia yang disemprotkan oleh ratusan bahkan ribuan knalpot kendaraan. Berhati-hatilah karena akibat yg ditimbulkan adalah kemandulan.

Memang agak sulit dan rumit kalau harus menjelaskan dan melihat dengan pancaindra bagaimana zat kimia dari jalanan memasuki tubuh kita. Meski begitu, keberadaan racun itu bisa kita rasakan. Misalnya saja kepala kita terasa pusing, nafas terasa sesak, lidah terasa pahit, mata terasa pedih. Mari kita lihat bahan kimia berbahaya apa saja yang menyerbu tubuh kita saat kita merayap di kepadatan jalan raya. \

· O3 à Mata Pedih dan Kelelahan

Ketika terhirup ke saluran pernafasan, gas beracun ini akan meyebabkan risiko bronkitis. Jika sampai menyenggol mata akan terasa pedih dan berair karena menjadikan iritasi pada mata, bisa menyebabkan kelelahan, serta meningkatkan serangan pada penderita asma.

· Timbal à Penyebab Kemandulan dan Prematur

Timbal ini termasuk kategori racun berbahaya. Kalau tubuh terus-menerus terpapar oleh timbale di setiap harinya bisa menyebabkan munculnya kegagalan ginjal, anemia, turunnya tingkat kecerdasan dan kerusakan otak.

Bagi pria dan wanita dewasa, bertumpuknya timbal dalam tubuh bisa menyebabkan kemandulan maupun keguguran dalam janin. Andai pun tidak keguguran, janin dalam kandungan bisa terkena resiko kurang berkembangnya sel otak.

· Nox à Penyebab Infeksi Saluran Pernafasan

Bahan bisa dideteksi, soalnya berwarna kecoklatan. Bahan kimia ini merupakan musuh paru-paru, karena kalau terisap bisa mengubah fungsi paru-paru. Akibatnya alergi terhadap debu dan udara bisa meningkat. Begitu pula bagi penderita asma, resiko infeksi pernafasan juga kian meningkat.

· Co à Resiko Gangguan Pernafasan dan Pingsan

Gas Luang dari motor ini meracuni paru-paru. Keberadaannya tak dirasakan karena sama sekali tidak berbau dan tidak berwarna. Akibat yang ditimbulkan cukup serius kalau terhisap terus-menerus. Gas ini bisa menyebabkan tekanan darah naik hingga emosi cpeat menninggi, sakit kepala, mual dan lemah, serta jatuh pingsan hingga koma. Kalau terhirup hingga diatas ambang batas, bisa menyebabkan kematian.

TIP Meminimalkan Terisap Asap Beracun :

Pengguna kendaraan roda dua memang punya resiko paling besar terkena kepulan berbahaya ini. Laukan tip di bawah ini untuk meminimalkan bahaya bahan kimia tersebut:

Ø Kalau mungkin, hindari daerah padat dengan asap kendaraan beracun ini

Ø Kalau mungkin, gunakan masker menutup leher, hidung dan mulut

Ø Bersihkan masker ini dua hari sekali untuk menutup kemungkinan tertempel gas beracun

Ø Pilih helm yang benar-benar menutup seluruh wajah dan leher anda, jangan helm bermasalah

Ø Konsumsi bahan penangkal radikal bebas untuk menghalang akibat racun tubuh ini, diantaranya sayuran dan buah-buahan segar serta vitamin

Ø Lakukan senam rutin setiap hari yang memungkinkan terhirupnya oksigen

Kategori:Kesehatan Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: