Beranda > Artikel > Pemanasan Global

Pemanasan Global

SELAMATKAN

BUMI !

Pemanasan global memang masalah serius yang mengancam hidup kita.

Dengan langkah kecil, kita bisa membantu menghentikannya.

1. Recycle your stuff

Kita punya tempat yang terbatas banget untuk tempat pembuangan akhir sampah. Dan lagi, tempat yang ada pun sudah nggak memadai karena hampir semua sampah kita tidak bisa didaur ulang. Kalau kamu cuma membuang sampah saja, proses selanjutnya (seperti pengangkutan dan pembakaran sampah) tetap menghasilkan gas karbondioksida. Coba deh daur ulang barang plastik, pecah-belah dan elektronik yang tidak kamu inginkan lagi jadi barang baru ! cek ke http://www.xsprojectgroup .com buat dapat informasi tentang daur ulang sampah plastik bekas tempat deterjen dan aneka pembersih lainnya.

2. Matikan gadget

Walaupun kamu sudah mematikan televisi atau hair dryer, alat-alat itu akan tetap menghabiskan energi kalau kamu nggak mencabut stop contack-nya. Artinya, tetap ada CO2 yang dikeluarkan walaupun kamu nggak memakainya. Kamu bisa mencegah produksi jutaan karbon dengan mematikan monitor komputer ketika tidak dipakai dan tidak membiarkan tv, music player atau AC dalam keadaan stand by.

3. hemat air

Karena suhu bumi bertambah panas, air di danau dan sungai kita menguap, sehingga makin sedikit air yang bisa digunakan. Banyak cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pemakaian air yang boros, misalnya dengan mematikan kran ketika kita sedang menyikat gigi dan kita akan menghemat air sebanyak 76 liter dalam 4 menit.

4. jalan kaki

Menurut penelitian Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WAHLI), kendaraan bermotor adalah penyebab 70% polusi karbondioksida di Indonesia. Gunakan mobil atau motor kalau benar-benar perlu saja. Kalau tujuan kamu dekat, jalan kaki lebih asyik ! selain tubuh jadi lebih sehat, kamu juga membantu mengurangi polusi. Walaupun harus naik mobil, ajak teman-teman untuk pergi bersama dalam satu mobil.

5. Perhitungkan pemakaian karbon

Banyak aktivitas sehari-hari kita menyalakan komputer atau mengendarai mobil yang makin banyak melepaskan polusi karbondioksida ke udara. Pilih bahan bakar atau peralatan yang ramah lingkungan, beberapa produsen barang seperti Nokia, General Electric dan Phillips sudah mulai memakai komponen elektronik yang mengurangi pelepasan karbondioksida.

6. berikan dukunganmu

Bila suara dan kepedulian kamu bergabung dengan teman-teman yang juga peduli dengan pelestarian alam, kamu bisa banget membuat perubahan demham mempengaruhi Pemerintah untuk membuat kebijakan yang ramah dalam lingkungan. Dukungan kamu bisa diwujudkan dengan jadi anggota milis energy troops, milis remaja peduli pemanasan global yang dikelola WWF. Kirim email kosong untuk bergabung ke Energy Troops-subscribe@yahoogroups.com

7. beli dalam jumlah banyak

Ketika kamu membeli biskuit, susu kotak atau sereal ”ukuran ekonomi” yang lebih kecil, berarti kamu membeli makanan dan minuman itu dalam jumlah 2 aau 3 kali lebnih banyak daripada kamu membeli kemasan besar. Dengan satu kemasan itu kamu sudah menghemat energi ketika kemasan diproduksi dan berarti makin sedikit polusi CO2 yang dihasilkan.

8. yuk, tanam pohon !

Ketika bernapas, kamu menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Pada tanaman terjadi sebaliknya. Daun-daunnya melepas oksigen dan mengambil CO2 dari udara. Tiga buah pohon besar bisa menghirup 1 ton CO2 selama 40 tahun lebih. Jadi, makin banyak tanaman yang kita tanam makin sedikit karbondioksida yang merupakan gas pembentuk efek rumah kaca berada di udara sekitar kita.

9. pakai lampu hemat energi

Bohlam lampu hanya memakai 10% energi dari listrik untuk memproduksi cahaya, 90% sisanya terbuang dalam bentuk panas yang dilepaskan ke atmosfer bumi. Minta ortu kamu untuk mengganti seluruh bohlam lampu di rumah dengan lampu hemat energi. Lampu ini memakai daya listrik 25% lebih hemat dan 10 kali tahan lebih lama. Kamu akan jarang mengganti lampu dan tentunya mengurangi gas karbon.

10. tonton an inconvenient truth

Ini adalah film dokumenter karya Al Gore, mantan wakil presiden AS, tentang betapa berbahayanya pemanasan global. Film ini bikin kita sadar bahwa kalau terus-terusan nggak peduli, bahaya besar bakal mengancam bumi tempat kita tinggal. Film ini sudah bisa dibeli DVD-nya atau klik www.climatercrisis.net.

Sumber: real life ”majalah seventeen”

Kategori:Artikel Tag:
  1. 4 April 2009 pukul 8:23 AM

    ah saya baru bisa menjalankan setengahnya

    terasa sulit, namun kalo gak dimulai dari sekarang kapan lagi

    trus mau nambahin

    -kurangi pemakaian plastik, lebih baik pake tas aja
    – kurangi permakaian tissu, lebih baik bawa lap tangan aja
    – kurangi pemakaian kertas.

    salam kenal

    • 4 April 2009 pukul 9:08 AM

      yuph…bener bangedh tuch…emang sulit wat menjalankan itu smua..
      tp jangan patah smangat…mari kita selamatkan bumi…
      qlo bukan kita sapa lagii. ya ga..??
      hmm…..makasiii wat pemasukannya…insya allah gw update di posting ini…

      salam kenal yaaaaa (ampun dehh)

  2. 10 Oktober 2013 pukul 5:20 PM

    Touche. Great arguments. Keep up the good work.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: