Beranda > Pendidikan > Belajar lebih cerdas bukan lebih keras

Belajar lebih cerdas bukan lebih keras

Belajar dengan tekun dan disiplin memang baik.Tapi akan lebih baik kalau kamu belajar dengan cerdas. Belajar dengan cerdas akan sangat menunjang keberhasilan studimu.

Dalam tips ini diuraikan hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan agar bisa mulai belajar dengan cerdas dan berhasil.

1. Belajarlah sambil mendengarkan musik . Berbagai penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara pengaruh musik dengan peningkatan prestasi belajar. Musik membuat kamu “mengalir’ , dan merangsang pikiran untuk berkosentrasi pada apa yang sedang kamu pelajari atau kerjakan . Idealnya kamu mendengarkan musik klasik atau instrumentalia/ musik lembut dengan beat yang santai . Tapi kalau kamu tidak bisa menikmatinya , putarlah musik kesayanganmu.

2. Ciptakan suasana ruang belajarmu senyaman mungkin supaya kamu betah berada disana. Kalau memungkinkan , hiasilah dengan gambar-gambar pilihan atau kata-kata yang bisa memberimu motivasi. Boleh juga menggantungkan poster idolamu , photo kekasihmu , atau piagam pengahrgaan yang pernah kamu raih . Perhatikan juga ventilasi udara agar kamu tidak merasa kepanasan atau kedinginan . Aturlah penerangan agar sesuai dengan keperluanmu , tidak terlalu redup dan tidak pula terlalu menyilaukan.

3. Aturlah waktu belajarmu dengan seeisien mungkin . Biasakanlah untuk belajar setiap hari pada jadwal yang telah kamu tetapkan. Hindari kebiasaan menumpuk tugas yang perlu dikerjakan sampai menjelang batas akhir waktu yang ditetapkan. Hentikanlah kebiasaan sistem kebut semalam. Cara belajar seperti itu akan membentuk kamu menjadi pribadi yang harus ditekan untuk bergerak . Pola ini biasanya akan berlanjut ketika kamu sudah memasuki dunia kerja dan bisa menghambat peningkatan karirmu kelak.

4. Belajarlah dengan aktif . Jangan puas hanya menjadi pelajar atau mahasiswa yang teoritis saja. Hasil belajarmu akan lebih optimal kalau kamu belajar sambil mempraktekkan apa yang kamu pelajari. Sistem belajar sambil praktek sudah terbukti berhasil diterapkan dalam banyak pendidikan inormal seperti kursus bahasa, mengemudi, inormatika , menjahit dsb. Prinsipnya berlaku untuk bidang apapun yang kamu pelajari , termasuk belajar bicara didepan umum , belajar berdansa , berenang dsb.

5. Belajarlah dengan minat yang besar agar kualitas dan hasil belajarmu lebih optimal. Dengan minat yang tinggi , kamu akan bersemangat menggali berbagai sumber untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi yang kamu pelajari. Itulah alasannya mengapa sebaiknya kamu kuliah dibidang yang benar-benar kamu minati. Kalau kamu sangat menyukai teknik , mungkin kamu akan mengalami masalah kalau kamu harus kuliah ekonomi dsb. Tapi kalau kamu sudah terlanjur salah jurusan, atau berada ditempat yang kurang kamu sukai maka cobalah unuk menyukainya. Milikilah rasa tanggung jawab terhadap sesuatu yang telah kamu ambil atau putuskan. Namun terkadang minat juga bisa muncul dari penyusuaian diri , percayalah tidak ada ilmu yang tak bermanfaat raihlah segala bidang ilmu , pelajari dengan matang jangan setengah-setengah hingga bisa didapat suatu kecerdasan multi dimensi.

6. Pelajarilah teknik belajar yang efektif agar kamu bisa belajar dengan waktu yang relatif singkat tapi dengan hasil yang lebih memuaskan. Sebagai contoh TEKNIK PENYEBARAN WAKTU mengajarkan bahwa lebih baik kamu belajar 3 x 1 jam daripada 1 x 3 jam.

7. Pelajarilah teknik membaca cepat agar kamu bisa membaca dengan kecepatan tinggi dan dengan pemahaman yang tinggi pula. Ini adalah kemampuan vital bagi kamu yang hidup diera digital dan informasi. Dengan daya baca berkecepatan tinggi, syukur-syukur bisa membaca dengan mata hati pula ,sehingga arus informasi yang deras tidak akan meneggelamkan kamu , tapi justru melejitkan prestasimu untuk meraih keberhasilan.

8. Pelajarilah teknik mengingat dengan memanaatkan kata kunci atau kata akronim. Dengan kemampuan ini daya ingatmu akan dipertajam sehingga kamu bisa mengingat bahan pelajaran dengan cepat dan akurat. Banyak teknik mengingat yang sudah teruji praktis yang dapat dipelajari untuk meningkatkan daya ingat, daya konsentrasi dan memacu potensi belajar.

9. Pelajarilah teknik menulis. Dengan kemampuan ini kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan tulis-menulis secara sistematis dan mudah dipahami, baik berupa laporan , skiripi, artikel dsb. Keahlian menulis sangat diperlukan didunia kerja dan juga akan memungkinkan kamu untuk menjadi penulis buku , wartawan dsb.

10. Pelajarilah cara berpikir yang logis , rasional dan objektif. Meskipun pikiran kamu lebih hebat dari komputer , mungkin baru sebagian saja /kecil bagian dari otakmu yang kamu manfaatkan. Berkat jasa para ilmuwan, sekarang otak kamu bisa dilatih untuk memacu potensimu yang luar biasa sehingga kamu bisa lebih berprestasi dalam studi dan sukses dalam hidup.

Sumber: www.planetmusic.4t.com

Kategori:Pendidikan Tag:
  1. 4 April 2009 pukul 2:17 PM

    Nih aku lagi belajar.
    Langsung aku terapkan =D

    • 5 April 2009 pukul 5:25 AM

      bagus deh…!! ditingkatin ya…hehe

    • outsiders
      29 Maret 2011 pukul 2:18 AM

      good eank rajin ea biar pnter hehe

  2. masedlolur
    4 April 2009 pukul 11:26 PM

    tapi juga jangan lupa
    belajar semakin ikhlas

  3. 5 April 2009 pukul 11:07 AM

    yoi bro…salam kenal juga….ternyata isi blog kita agak beda yah…hehehehe…salam kenal

    • 5 April 2009 pukul 11:20 AM

      iya bro isinya beda. cz blog gw condongnya ke umum aja bro. . .

  4. 6 April 2009 pukul 8:45 AM

    mantep deh om..wkekekek…saya juga ge mau hadepin UNAS

  5. 6 April 2009 pukul 6:55 PM

    TRus yang udah kamu amalin yg mana aja?

    • 8 April 2009 pukul 10:11 AM

      yang mana ya…??
      wah banyak juga,,,dah lupa tuch,,,hehe

  6. 11 April 2009 pukul 2:36 PM

    bagus nih..
    tapi dibuat lebih spesifik lagi, bisa ga..?

  7. rakhman hakim
    15 April 2009 pukul 2:32 PM

    insya allah apa yg kmu tlis sngat bermanpaat bgi saya
    tpi sya krja dri jam06;45 sape 15:30 trus mlm jam16;20
    ampe 00:00 bantu sya dunk buat ngatur waktu nya…
    trims..

  8. LIKE HARDIYANTI
    25 Agustus 2009 pukul 4:35 AM

    bantuin cara ngatur waktu belajar setelah pulang kerja n pulang kuliah malam nich??

  9. yue
    24 Maret 2010 pukul 2:41 AM

    waaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    asyikkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
    bisa bljr dgn disiplin
    badan jadi ga capek lagi nih….
    biasa nya law dgn kebut semalam badan q pegal@
    thank yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  10. edy supono
    21 Juli 2010 pukul 1:32 AM

    ah masih aja tetep sering nguantuk…hehe..

  11. 19 Desember 2012 pukul 10:57 PM

    There is definately a great deal to learn about this topic.
    I like all the points you made.

  12. 8 Januari 2014 pukul 3:37 PM

    Klasse gemachte Homapage, das Layout gefaellt mir sehr gut!
    War bestimmt ne menge Arbeit.
    ugg czy emu It just got worse when you reached Queen’s Park, the designated
    protest site. I saw signs about occupation in India, a set for
    animal liberation, along with a slew of unionized males and females advocating for workers’ rights.
    Okay, I receive it; I saw the “Long Live Socialism” sign.

    As well as players,there are numerous people world wide who are in
    love with shoes. Receiving a good brand is very essential for all of
    them. You are always in search of dunk sneaker shoes which provides comfort for
    your legs along with the rather than being strain.ugg czy emu
    ugg czy emu So search for those companies serving up those wants and also
    be clear of companies competing on price (say, like some department stores).
    It makes sense that September would be better than August because of
    all of the mayhem that month, though the magnitude of your increase was encouraging.
    The consensus wanted an increase of 0.8%.

    Totally free anywhere in america however bear in mind when your comparing prices.

    The shipping set me back about $3.00 throughout the US.
    This is often part of the complete take a look at
    price you’ll pay. If you do not have a number of money, however desire an NFL jacket to utilize
    when you are watching the football on-line games on
    Sunday, you can wish to consider purchasing a jacket from a player merely lately
    traded away and also just retired. More often than not when
    a player leaves a group, NFL jacket stores will probably position those certain
    NFL jackets discounted to clean out their stock.
    Often you can pick these jerseys up between $20 to $60.ugg czy emu
    ugg czy emu If your thinking about a particular athlete, determine
    whether he has a selective autograph contract which has a particular company.
    To illustrate, Michael Jordan (Bulls) has got an exclusive contract with Upper Deck.

    Franco Harris (Steelers) has a exclusive contract with Steiner.

    Now you have an acceptable loss. Exactly what is unacceptable stands out as the lack
    of in game adjustments on the coordinator and this obvious his hands were tied.

    The majority of us seen Rivers milking contributions it was obviously the process to keep
    the Eagles offense from the field simply because they had accepted prior to
    off the plane they will could not stop Vick, Jackson
    and Shady..ugg czy emu

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: