Beranda > Kesehatan > Cara Gampang Kurangi Kerutan Wajah

Cara Gampang Kurangi Kerutan Wajah

Cara Gampang Kurangi Kerutan Wajah

kompas.com

SAAT usia bertambah, kekencangan kulit pun menurun. Belum lagi polusi dan radikal bebas di luar sana makin membuat garis-garis halus di wajah makin banyak. Namun, ternyata hal-hal kecil bisa Anda lakukan untuk membantu kerutan-kerutan tersebut berkurang atau setidaknya tidak menjadi-jadi. Berikut caranya;

Tidur telentang
Sebuah insitutsi di Amerika Serikat, American Academy of Dermatology (AAD), memberi bocoran bahwa posisi tidur pun bisa memicu ‘garis tidur’. Garis tidur ini bisa terjadi karena tekanan di tempat yang sama dalam waktu lama dan berulang-ulang. Tidur dengan posisi menyamping bisa menimbulkan kerutan di pipi dan dagu, sementara tidur telungkup bisa menimbulkan kerutan di daerah dahi atau alis mata. Untuk mengurangi terbentuknya kerutan, AAD menyarankan untuk tidur telentang.

Perbanyak konsumsi ikan–khususnya salmon
Salmon dan ikan-ikan air dingin adalah sumber protein yang baik, salah satu zat pembangun kulit. Asam lemak yang terkandung dalam ikan tersebut memberikan nutrisi pada kulit untuk membuatnya kenyal dan terlihat lebih muda. Hasilnya membantu mengurangi kerutan.

Jangan mengernyit
Bahkan gerakan muka yang berulang-ulang pun bisa menimbulkan gerakan otot muka yang berlebihan dan menyebabkan pergerakan di lapisan dalam kulit. Pergerakan ini lama-kelamaan bisa menimbulkan kerutan. Jadi, perhatikan gerakan-gerakan muka Anda sehari-hari. Jika Anda memiliki masalah dengan mata dan memerlukan bantuan kacamata untuk membaca atau melihat jelas, gunakanlah secepatnya karena, jika Anda mengernyit untuk membaca, maka daerah sekitar mata Anda akan memiliki garis-garis halus lebih cepat. Plus, mengenakan kacamata pun bisa mengurangi dampak dari matahari yang bisa merusak mata.

Aplikasikan AHA
Alpha-hydroxy acid (AHA) yang terdapat di asam buah-buahan mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat di lapisan kulit paling atas, membantu mengurangi terlihatnya kerutan. Disebut-sebut pula bahwa AHA dalam konsentrasi tinggi bisa menstimulasi produksi kolagen.

Ganti kopi dengan kakao
Hasil penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2006 oleh Journal of Nutrition menunjukkan bahwa kakao mengandung dua zat flavonol (epicatchin dan catechin). Kedua zat ini mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari, mendorong sirkulasi darah ke sel kulit, memberi kelembapan, sekaligus membuat kulit terasa dan terlihat lebih lembut.

Jangan mencuci wajah berlebihan
Tak ada yang bisa menjamin kebersihan air dari keran. Air dari keran bisa mengikis kulit dari pelindungnya, yakni minyak dan kelembapan yang melindungi kulit dari kerutan. Jika membersihkannya terlalu sering, berarti membersihkannya melawan pelindungnya juga. Kecuali, jika kulit Anda mengandung pelembap yang mampu menjaga kelembapan, gunakan pembersih wajah khusus, jangan sabun biasa.

Konsumsi kedelai
Konon, kedelai bisa membantu menjaga kulit dan menyembuhkannya dari kerusakan photoaging akibat matahari. Ada hasil penelitian di Eropa yang melaporkan bahwa sebuah suplemen yang terbuat dari kedelai (juga mengandung vitamin, protein ikan, dan ekstrak white tea, biji anggur, dan tomat), mampu mendorong struktur kulit dan mengenyalkan hanya dalam 6 minggu.

Rawat kulit secara rutin
Jika ingin kulit Anda terlihat muda, mulailah dari yang terpenting. Tentu saja perawatan mendasar dan sering disarankan oleh dokter-dokter kulit, itulah yang penting; hindari paparan sinar matahari, aplikasikan tabir surya, jangan merokok, dan gunakan pelembap. *

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: