Beranda > Kesehatan > sehat ala bumbu masak

sehat ala bumbu masak

Lebih Sehat Dengan Bumbu Masak

Rempah-rempah ternyata tak hanya melezatkan masakan namun juga bisa menjaga kesehatan. Mengganti bumbu masak tradisional seperti gula, garam dan lemak dengan aneka rempah-rempah, selain membuat masakan lebih sedap, tubuh juga lebih sehat. “Menambahkan bumbu dan rempah-rempah ke dalam masakan tak hanya menjaga kesehatan berat badan tapi juga bisa melindungi tubuh dari kanker, menjaga tekanan darah dan gula darah serta menjaga kesehatan kardiovaskular,” kata Suzanna Zick, peneliti dari University of Michigan Health System.

Berikut beberapa bumbu yang bisa dipakai untuk melezatkan masakan sekaligus menyehatkan tubuh :
– Ganti garam dengan rempah. Aneka rempah-rempah seperti oregano, paterseli, bawang putih, rosemary, sudah cukup untuk memberikan aroma alami dalam masakan.

– Gunakan bawang putih segar. Selain menurunkan tekanan darah, bawang putih juga baik untuk mengontrol kadar kolesterol. Untuk hasil maksimal, gunakan bawang putih segar, jangan yang berupa bubuk dalam botolan.

– Kemangi, oregano dan rosemary, bisa membantu Anda melawan virus influenza.

– Kunyit untuk mengobati sakit punggung. Para peneliti telah menemukan kandungan zat dalam kunyit yang disebut curcumin, ternyata mengandung khasiat anti peradangan. Selain bisa dikonsumsi terpisah, kunyit juga bisa ditambahkan dalam bumbu kari. Selain itu, curcumin juga bisa mengurangi risiko kanker usus.

– Kurangi tekanan darah dengan bumbu “hangat”. Bumbu-bumbu hangat seperti jahe, kayu manis, lada, dan pala, bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, sehingga akan mengurangi tekanan darah.

– Ganti gula dengan rempah. Kurangi asupan gula setiap hari, selain melakukan diet, Anda juga bisa mulai mengganti gula dalam masakan dengan kayu manis atau pala.

  1. mella rosdiana
    7 Mei 2009 pukul 6:42 AM

    terima kasih untuk artikelnya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: